Ranking

Hi, guest ! welcome to Yahoo!. | About Us | Contact | Register | Sign In

Sabtu, 24 November 2012

Bepe 20: Ketika Jemariku Menari



"If we stop trying, that means we are no better than a coward..” – Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas atau Bepe, siapa yang tak kenal sosok ini. Bermain di klub elit, kapten tim nasional, pemegang rekor penampilan dan gol terbanyak bagi Indonesia, membuatnya menjadi salah satu pesepakbola papan atas Indonesia. Saya masih ingat sekitar akhir 90-an namanya sempat mengejutkan publik sepakbola karena terpilih sebagai pemain timnas disaat usianya masih 18 tahun dan masih belum memiliki klub profesional. Belum berhenti sampai disitu, Bepe juga sempat menumbuhkan harapan akan sosok pemuda bangsa yang mampu berkiprah dikancah sepakbola Eropa seperti yang pernah dilakukan Kurniawan Dwi Julianto, idolanya, dan Bima Sakti. Akan tetapi sayangnya, ternyata Bepe belum berjodoh dengan gemerlap sepakbola Eropa. Karirnya di EHC Norad hanya seumur jagung.

Gagal berkarir di Eropa bukan berarti karir Bepe meredup dan hilang. Kembali ke tanah air dan bergabung dengan Persija Jakarta, Bepe langsung menjadi topskor di musim pertamanya di Liga Indonesia dengan menjaringkan 24 gol. Perlahan tapi pasti karirnya semakin menanjak dimusim-musim berikutnya berkat kecerdasan, kepemimpinan, dan nalurinya sebagai penyerang. Tidak hanya di Indonesia, nama Bepe juga harum di negeri jiran Malaysia ketika membela Selangor FC dan mengantarkan klub tersebut meraih treble winner dan menjadi top skor.

Kini di usianya yang menginjak 31 tahun, sebuah usia yang tidak muda lagi bagi seorang atlit sepakbola, Bepe kembali menunjukkan kecerdasannya. Bukan sebagai pemain sepakbola akan tetapi sebagai perangkai kata penuh makna melalui bukunya yang berjudul Ketika Jemariku Menari yang isinya mayoritas diambil dari blog pribadi Bepe. Tidak banyak, bahkan dapat dikatakan sampai saat ini belum ada atlit sepakbola kita yang menelurkan sebuah buku mengenai dirinya, oleh karena itu apa yang dilakukan Bepe layak untuk di apresiasi.

Melalui Ketika Jemariku Menari, Bepe mencoba membagi ide dan pikirannya kepada khalayak ramai. Buku ini juga sekaligus jawaban dari beberapa pertanyaan yang selama ini sering mengemuka mengenai Bepe. Misalnya tentang mengapa Bepe terkesan enggan untuk dimintai wawancara secara langsung, bagaimana kehidupan keluarganya, perasaannya ketika mengalami cedera patah kaki dan suka duka sebagai pemain sepakbola disaat harus dipisahkan oleh jarak dengan keluarga tercinta.

Meskipun tidak terlalu detail dan tidak menjabarkan secara sistematis, Bepe juga membahas tentang perlunya kompetisi untuk usia muda demi kemajuan sepakbola bangsa. Bepe juga membahas tentang kuota pemain asing dalam satu klub yang berjumlah 5 orang yang pada akhirnya justru membunuh kesempatan pemain muda untuk tumbuh berkembang. Kehadiran banyak pemain asing secara pragmatis dibutuhkan klub untuk berprestasi dalam jangka pendek, akan tetapi disisi lain justru menghambat regenerasi sepakbola nasional. Karena pos-pos yang seharusnya dapat diisi pemain lokal justru ditempati pemain asing. Sehingga untuk beberapa posisi seperti penyerang, bangsa ini seperti kehabisan stok pemain berkualitas. Karena umumnya klub sepakbola Indonesia lebih mempercayakan posisi penyerang kepada pemain asing.

Berbeda dengan pemain, untuk kursi kepelatihan tim nasional, Bepe justru secara gamblang menyatakan lebih setuju dengan pelatih asing. Setidaknya untuk saat ini. Alasan yang dikemukakan Bepe cukup masuk akal, pelatih asing lebih berani memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk unjuk gigi. Seperti yang pernah dilakukan Bernard Schoem ketika memberi kepercayaan kepada Bambang Pamungkas, Ivan Kolev ketika memberi kepercayaan kepada Boaz Salosa, dan yang paling anyar Alfred Riedl yang memberi kepercayaan kepada Okto Maniani.

Banyak hal lain lagi yang coba diungkapkan Bepe melalui buku ini. Seperti kecintaannya terhadap Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, masalah PSSI, kehidupan sosialnya, dan lainnya yang membuat buku ini semakin menarik dan layak untuk dijadikan koleksi. Apalagi buku ini adalah buku memoar sepakbola pertama di Indonesia yang dituliskan oleh si calon legenda sepakbola itu sendiri.

Sebuah buku yang cukup menarik dan bernilai tambah bagi sesama, karena semua hasil penjualan buku akan disumbangkan Bepe kepada dua yayasan yang selama ini mendukung dia, yaitu syair.org (Syair Untuk Sahabat Foundation), serta Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia, sebuah yayasan yang peduli pada anak yang hidup dengan kanker. Dan seperti yang dikatakan Irfan Bachdim melalui akun twitternya:

"There is only 1 MAN, 1 HERO, and 1 LEGEND ... His name is ...Bambang Pamungkas!"
Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))